Pemko Sabang Minta Singapura Promosikan Wisata Pulau Weh

0
44

Kruesemagat.com, SABANG – Pemko Sabang meminta pihak Konsulat Singapura di Medan supaya dapat membantu mempromosikan pariwisata Sabang di negaranya.

Hal itu itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Sabang, Drs Suradji Junus saat bertemu dengan Konsulat Singapura di Medan, Richard Grosse, Kamis (21/2/2019) di Balai Kota Sabang.

Dalam pertemuan itu Wakil Wali Kota meminta pihak Singapura dapat membantu kemajuan Sabang, salah satunya dengan mempromosikan pariwisata Sabang.

“Kita minta Konsulat Jenderal Singapura di Medan mempromosikan potensi wisata Sabang kepada warga negaranya,” kata Suradji Junus.

Selain promosi wisata pulau paling barat di Indonesia tersebut.

Pemko Sabang juga menawarkan kerja sama dengan Singapura dalam bidang pengembangan ekonomi masyarakat Sabang.

Suradji menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata pada 2007 telah menetapkan Pulau Weh (Sabang) sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Sejak saat itu pemerintah daerah terus mengampanyekan dan membangun industri pariwisata.

Objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional ketika berlibur ke Sabang di antaranya, penyelaman di atas permukaan laut (snorkling) di kawasan Pulau Rubiah. Serta menyelam di kedalaman 15 hingga 60 meter (diving) di Kawasan Iboih.

Ia menambahkan, secara geografis Kota Sabang sangat strategis untuk kunjungan wisata.

Dengan luas 12.213 hektare, Sabang terdiri lima pulau, yakni Pulau Weh, Klah, Rubiah, Seulako dan Pulau Rondo.

Sebelah Utara dan Timur Sabang berbatasan dengan Selat Malaka, sebelah Selatan dan barat berbatasan Laut Andaman. (Ryan)