Bocah 4 Tahun di Nias Telan Uang Logam, Nyangkut di Dekat Jantung

0
27

Kruesemangat.com, Nias– Noverius Gulo (4) kini hanya bisa terdiam, tidak bisa makan ataupun minum sejak kejadian sekitar pukul 16.00, Rabu (10/4/2019). Bocah asal Desa Orahua Faondrato Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara ini tidak sengaja menelan kepingan logam saat bermain dengan saudaranya.

Tolonaso Gulo dengan Nurunia Lafau, orang tua Noverius, terkejut ketika kakak dari Noverius berteriak ‘Pak, noitolo gefe akhigu’ (Pak, adikku telah menelan uang). Warga sempat menyarankan untuk segera membawa bocah tersebut ke puskesmas atau rumah sakit, akan tetapi karena tidak memiliki uang atau kartu sehat, niatan tersebut sempat diurungkan. Tolonaso dan istrinya hanya seorang petani dan buruh.

Namun pada akhirnya, warga menyarankan Tolonaso untuk menjumpai pendamping lokal desa (PLD) Kecamatan Bawolato yang bernama Onlihu Ndraha untuk mencari solusi. Kami pun menghubungi beliau untuk mendapatkan informasi terkini dari Noverius.

“Saya yang membantu. Kita beda desa. Hanya karena kemarin sore mereka minta bantuan makanya saya dampingi dan fasilitasi,” kata Onlihu melalui pesan singkat. Masih menurut Onlihu, keluarga Noverius tidak memiliki kartu keluarga, Noverius juga tidak punya BPJS.

Saat ini Noverius baru saja tiba di Bandara Kualanamu Medan untuk pergi ke RSU Bhayangkara Medan. 

Jadi, upaya yg saya lakukan, telah menghubungi DANDIM 0213/ Nias Pak Letkol Infantri Reymond Purba dan Kapolres Nias AKBP. Deny Kurniawan, S.I.K., M.H. Dan hasil itu kami difasilitasi untuk proses operasi di RSU Bhayangkara Medan. Saat ini kami baru saja tiba di Bandara Kualanamu Medan,” lanjutnya.

Dari hasil pemeriksaan Rontgen RSUD Gusit, kondisi kepingan logam itu cukup membahayakan karena tertahan dekat jantung. Menurut Onlihu, Nocerius kondisinya sudah mulai lemah.

“Belakangan biaya kita pikirkan. Yang penting dia harus segera mendapat perawatan medis,” tegas Onlihu.

(ryan)